New Post

5 cara bijak menambah pemasukan Bagi Pekerja

March 15, 2019

Menginjak usia di 25-an menjelang 30 tahun ada perasaan gusar dan gundah gulana. Pasalnya banyak tuntutan ini dan itu. Makin bertambah usia, semakin banyak keperluan yang dibutuhkan, yang mungkin dulunya saya tidak terpikirkan. Misalnya rumah, kendaraan pribadi, ataupun dana pensiun yang mau ga mau harus ada. Kerja sih kerja, tapi uang mengalir aja bagai air.

Cerdas secara finansial memang perlu dan harus dipelajari. Sebuah pengetahuan yang tidak kita temukan di bangku sekolah. Ada sih sebenarnya pas masih sd diwajibkan menabung. Tapi apakah hanya dengan menabung bisa mandiri secara finansial? menurut saya tidak. Karena perlu didukung banyak faktor. Salah satunya adalah sehatnya pengeluaran dan pemasukan.

Beruntung nih, saya dan beberapa teman blogger bisa hadir kembali ke event-nya smart money di daerah kemang. Acaranya berbobot dengan materi yang saya suka yaitu finansial. Emang ya, membahas keuangan itu ga ada habisnya. Saya pun banyak bertanya seputar finansial, terutama investasi sih.

Setelah mendengan beberapa penjelasan dari smart money, sebagai anak millenials yang melek teknologi cerdas secara finansial perlu banget. Bijak menggunakan uang, cerdas mendapatkannya dan mencatat pemasukan dan pengeluaran dirasa amat penting. Berikut adalah 5 cara bijak menambah pemasukan:

1. tunda-tunda lagi, langsung action aja
Pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma, itu artinya banyak jalan untuk mendapatkan sesuatu atau cita-cita. Yang penting adalah niat, disiplin dan konsisten. Tiga hal tadi pilar utama dalam meraih apa yang diimpikan. Mau dapat penghasilan tambahan selain gaji kantor? bisa banget. Banyak caranya kok dan ga perlu menghabiskan waktu untuk itu. Modalnya pun ga perlu banyak, misalnya menjual makanan/minuman di kantor. Memaksimalkan jasa titip, ataupun membuka stand pernak-pernik di saat car free day di waktu weekend. Menjadi pengendara ojek online juga bisa jadi salah satu cara menambah keuangan.

2. Investasi diri sendiri itu penting
Sebelum berinvestasi, jangan lupa untuk berinvestasi untuk diri sendiri dahulu. Misalnya dengan mengupgrade ilmu, ataupun penampilan (khusus fashion blogger). Misal kamu mau mendapatkan income dari marketing online, sebisa mungkin mengikuti trainingnya di banyak tempat kursus. Ataupun memulai menanam saham, saat ini ada workshopnya juga kok jadi lebih paham dan hati-hati dalam menginvestasikan saham. Ga ada yang percuma dengan ilmu, karena itu investasi juga.

sumber link


3. Cerdas dalam mengatur keuangan
Pas membaca sebuah artikel tentang mendapatkan banyak uang di smart money, saya jadi tersadar ternyata banyak uang tanpa pengelolaan keuangan yang baik akan sia-sia. Ibarat kata seperti menabur air dalam ember tapi bocornya besar.Cerdas dalam mengatur keuangan itu amat perlu. Minimal menjaga pengeluaran agar tidak jebol. Mengatur kebutuhan dalam sebulan, sehingga tidak melebihi budget. Mencatat arus kas juga penting, jadi record dalam sebulan misalnya lebih terlihat. Ga perlu was-was lagi yang namanya uang pergi ke mana.

4. Disiplin bayar utang!
Tak bisa dipungkiri, banyak orang memilih berhutang untuk mencukupi kebutuhannya. Sebenarnya sih sah-sah aja asal sanggup bayar. Yang jadi kendala adalah banyak orang berhutang tapi tidak mampu bayar. Itu yang bahaya sebenarnya. Yang pasti, cerdas dalam membayar hutang juga wajib banget. Itu artinya, bagaimana membayar utang tepat waktu sehingga tidak terkena denda, karena yang membuat utang itu membengkak karena denda. Kemampuan bayar juga perlu diperhitungkan. Jadi tidak merugikan si penghutang dan yang memberi utang.

Sumber Brilio

5. Selagi muda, jangan takut untuk berinvestasi
Masa muda adalah masa di mana ktia mengexplore diri, mengenal diri sendiri pastinya. Jangan pernah takut akan hal-hal yang menjadi penghalang untuk berkembang. Salah satunya adalah berinvestasi. Jangan pernah takut untuk berinvestasi saham misalnya. Walau banyak orang bilang investasi saham adalah salah satu yang mempunyai resiko yang besar, tapi itu sebanding dengan keuntungan yang bakal didapat. Yang penting bijak dalam berinvestasi dan hati-hati dalam menentukan pilihan.

Nah beberapa hal tadi amat perlu jika dirasa pendapatan saat ini berkurang. Teruslah untuk berinovasi dan mengembangkan diri. Selain itu, networking amat perlu, karena itu menentukan banget. Misal ingin menjual makanan kecil-kecilan ke berbagai kantor. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan bersedekah. Karena di balik harta yang kita dapat, ada bagian khusus untuk yang membutuhkan. Sedekahlah selagi mampu, walau itu kecil jumlahnya.

Punya pengalaman menarik tentang keuangan atau finansial lainnya? cerita aja di blog dan ikuti Kompetisi Blog MoneySmart 2019 hadiahnya menggiurkan banget untuk tiga pemenangnya. Yuk buruan ikutan.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Kompetisi Blog MoneySmart 2019 dengan tema #MoneySmartMenginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.