February 28, 2013 Dede Ruslan 27Comment

Ga pernah terbayangkan sama saya bakal jalan sendirian atau disebut solo trip. Itu terjadi manakala ga ada satupun teman saya yang bisa diajakin jalan. Benar-benar ga ada yang sehati sama saya hiks hiks.

Sebenarnya saya juga ga suka nyusahin teman saya gara-gara saya ajakin jalan. Banyak teman saya mengeluh karena duit mereka habis gara-gara jalan. saya jadi merasa bersalah mengajak mereka.

Emang sih ga jauh-jauh banget, cuma ke garut dan saya stay di jatinangor. Ke garut pun cuma seharian aja. Tapi begitu berarti banget buat saya, karena ini pertama kalinya saya jalan sendirian.

Selama ini saya hanya menunggu teman – teman saya yang bisa jalan. mereka yang merencanakan, saya sih iya aja apapun keputusannya. kalaupun gagal jalan, saya hanya bisa pasrah dan menganggap masih ada hari esok untuk jalan.

Jujur saya itu orangnya pemalu, jarang ngomong sama orang baru, apalagi nanya sama orang. makanya kalau jalan sama teman saya, mereka saja yang bertanya dan saya sih ikut-ikut aja. Namun semua itu buyar ketika saya jalan sendirian. mau ga mau ngobrol sama orang, ataupun bertanya kesana-kesini. kalau enggak bertanya nanti malah nyasar.

Sisi baiknya untuk saya adalah, melatih kemandirian, keberanian saya dalam bertindak dan menjadwal perjalanan dengan baik. Menurut saya, solo trip itu lebih menikmati perjalanan dari perjalanan itu sendiri. berbeda ketika saya jalan sama teman. lebih seru-seruan sama teman dan tidak terlalu menikmati perjalanan.

mungkin dalam solo trip, emang susah berfoto untuk koleksi pribadi. mana waktu saya di danau cangkuang, saya benar-benar sendirian, ga  ada orang sama sekali, mau ga mau saya musti pintar-pintar naro kamera buat foto.

Ibarat perjalanan ke garut adalah latihan, saya pun berniat untuk melakukan perjalanan sendirian lagi, mungkin yang lebih jauh dan lebih menantang. Solo trip itu bikin ketagihan bagi orang yang menikmati solo trip itu sendiri.

27 thoughts on “Pengalaman Pertama Solo Trip

  1. jalan sendirian itu cukup menyenangkan kok
    bahkan kalau nge-trip sekarang aku lebih sering jalan sendirian, lebih bebas, lebih bisa menikmati obyek dan suasana, dan bisa mengenal penduduk lokal yang ramah-ramah 😀

  2. Susahnya jalan sendirian itu ga bisa narsis-najong ya sob… Tapi kalo nunggu ada temen yang mau diajakin yaa ga bakal jalan juga. :))
    *semacam dilema
    **yaah, malah curhat

  3. Waaah! Well done bisa jalan sendiri! Gw juga tahun ini mulai memperbanyak jalan sendiri, setelah 3x jalan sendiri sekarang udah lebih PD. Emang sih masalah foto, tp gw juga jarang foto2 diri sendiri klo pun ama temen haha. Tapi bener banget kata kamu ttg melatih kemandirian sekaligus mengasah kesadaran thdp sekelilingmu 🙂

  4. saya baru sekali nih tp ketagihan sih tp belom terlalu pede. betull bgt tuh kalo foto agak susah tapi bikin kita peka sama sekeliling kita biar jadi org yg sosial 🙂

  5. Tapi tetap lebih asik rame2 sih haha, cuma kalau udah terpaksa banget hrus pergi solo karena mgkin alasan biaya dsb ya why not, skalian blajar jadi petualang haha 😀

  6. pengalaman saya solo travelling tuh jalan ke kota Malang sekitaran april 2013. Dan aslinya lebih berasa banget atmosfer perjalanannya! Saya juga termasuk orang yang kurang suka nunggu dan nagih janji orang, daripada lama nunggu yang belum jelas mau join, mendingan cabut aja sendiri! 😀

  7. Saya mah paling sering traveling sendiri bro, bukannya suka jln sendiri, cuma gak ada yg sehati sepemikiran….
    Banyak yg ngaku hobi jalan2, pas diajakin jln, bilangnya traveling cuma buang2 duit, intinya bnyk yg hobi jalan2, tapi jln2 yg gratisan…hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *