Onsen merupakan istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Namun Onsen yang dimaksud yaitu Cipanas yang terletak di Garut. Sebuah daerah yang kaya akan panas buminya.

Akses kesini pun dibilang sangat mudah. Cipanas terletak sebelum kota garut. Banyak angkutan umum menuju kesini. di cipanas sendiri banyak sekali resort atau hotel selain untuk penginapan, ternyata menawarkan kolam air panas. namun karena ala backpacker, saya lebih tertarik mencoba diujung cipanas itu.

Namanya Cipanas Indah. biaya masuknya cukup murah, hanya 8000 rupiah. disana juga ada kamar rendam pribadi untuk diri sendiri. Bagi yang tinggal di bandung, tentu dekat sekali kesini, cukup dengan 1 jam dari cileunyi menuju ke sini, dengan catatan tidak macet. 

Sepi sekali orang yang berenang disana
Pintu masuk cipanas indah

 

Ternyata Selain airnya yang panas, sinar matahari disana pun menyengat sekali, apalagi saya datang pas siang-siang bolong. karena saya datang pas hari senin, sepi sekali orang yang  berendam disana. sebenernya sih enak, karena serasa seperti kolam pribadi.
 
Bulak balik dengan gaya renang biasa seperti kolam renang pada umumnya, cukup buat saya keleyengan. Salah saya juga sih sebenernya menganggap kolam renang itu kolam renang biasa, padahal airnya panas gila. Namun Air panas itu cukup untuk menyegarkan pikiran dan badan saya ini. Recomended deh untuk yang pegal-pegal dan banyak pikiran. 
Yang unik dari sini, ketika saya kebelet pipis, air di toiletnya pun panas, ketika mau wudhu untuk sholat pun airnya panas juga. Jadi kesimpulannya air tanah disini itu semuanya panas, ga perlu masak air lagi deh. air panas disini pun tidak berbau belerang seperti di ciater. airnya jernih dan ga berbau. 
 
Biaya untuk kesini (feb 2013)
Primajasa Lebak bulus – Garut Rp.35000
Primajasa dari Cileunyi – Garut Rp.12000
Angkot ke Cipanas Rp.2000 
Pemandian Cipanas indah Rp.8000

 

26 comments

  1. wah, mirip sama di daerah saya ya mas, namanya debuk-debuk di dataran tinggi Berastagi.

    kalo air pasan di tempat saya air belerang, susanan juga pas, mandi air panas di suasana yag dingin, berkhasiat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *