sisi barat pantai goa cemara

Pertama kali mendengar cemara, mungkin kita akan teringat pohon cemara yang tinggi menjulang seperti kita akan ke gunung. Ternyata, cemara disini lebih pendek dan batangnya lebih melebar. Batang Pohon yang satu dengan batang pohon yang lain saling berdekatan membuat seakan-akan kita seperti berada di Goa diantara pohon Cemara.

Saya sendiri awalnya tidak tahu akan keberadaan pantai ini, hanya teman saya devi yang emang asli jogya yang tahu tempat ini, dan menyarankan untuk mengunjungi pantai itu karenalokasinya tak terlalu jauh dari kota jogya. pantai ini sendiri bisa menjadi alternatif selain Parang Tritis.

pohon-pohon yang rimbun di tepi pantai goa cemara
Pengunjung hanya ‘menonton’ ombak pantai selatan
sisi timur pantai goa cemara
Untuk mencapai ke pantai ini, sangat disarankan naik kendaraan pribadi atau sewa motor ataupun mobil, karena saya tak melihat satupun ada angkutan umum menuju kesana. jalanannya sangat sepi, cuma motor yang saya lihat lalu lalang menuju pantai.

Pantai ini terletak di selatan kota Yogyakarta lebih tepatnya di daerah Bantul, mungkin sekitar 1 jam perjalanan dari kota Jogya. Dari jalan Jend.Sudirman Bantul lurus terus sampai ada palang tertulis pantai goa cemara baru kita belok. walau cukup mudah, namun dipertigaan jalan devi lupa letak pantainya, karena tak ada petunjuk lagi menuju pantai, akhirnya mau tidak mau kita harus bertanya kepada warga dimana letak pantai goa cemara.

Ketika akan masuk ke dalam, kita akan diminta uang untuk biaya masuk pantai sebesar Rp 2000 serta biaya parkir sebesar Rp 2000. begitu masuk kedalam, banyak juga rupanya yang mengunjungi pantai itu, terutama warga lokal yang ingin menikmati suasana pantai. saya tak melihat ada wisatawan asing lalu lalang.

Ternyata sebutan goa cemara untuk pantai itu memang terbukti benar, ketika sampai, banyak sekali hutan cemara membuat pantai itu ‘sejuk’ bila di bawah pohonnya. saat itu juga sedang ada pertunjukan band rock menambah srmarak suasana disana.

No Swimming Dangerous!
Para mahasiswa sedang mengadakan piknik bersama
Rimbunnya pohon cemara
Satu hal yang disayangkan adalah kotornya pantai itu oleh sampah. Mungkin kurangnya kesadaran pengunjung akan kebersihan pantai dengan membuang sampah dimana saja, Padahal saya melihat ada tempat sampah tersedia disana. sebenarnya pantai ini bisa sangat potensial wisata pantai dekat kota selain parang Tritis.Β 
Karena ombak pantai selatan jawa itu sendiri terkenal dengan ombaknya yang besar, jadi kita tidak bisa bahkan tidak boleh bermain dipantai. kami pun yang sedang bermain-main di tepi pantai terkejut ketika ombak tiba-tiba menyambar begitu saja dengan besarnya, sontak kita semua kebasahan. bahkan teman saya yang sedang bermain-main sendirian di tepi pantai harus merelakan sandalnya hilang karena ‘dimakan’ ombak selatan, beruntung setelah dicari, sendalnya masih bisa ditemukan tepi pantai.

Kondisi pantainya sendiri tidak landai seperti Parang Tritis, danΒ Memang tak banyak yang bisa kita lakukan, paling hanya bersantai dibawah pohon cemara sambil menikmati udara pantai ataupun berpiknik. Ya berpiknik banyak dilakukan oleh orang lokal disana, pantai goa cemara ini sebagai rekreasi pantai yang murah dan dekat. Jadi jika anda ingin kesana jangan lupa membawa tikar dan ranjang makanan anda untuk berpiknik.Β 

16 comments

  1. its been a looooooooooong time. kesana terakhir sama keluarga tuh SMP atau SMA ya? lagi liburan mudik lebaran gitu, pokoknya masih labil deh! πŸ™ (sekarang juga, dikit sih labil nya! πŸ˜› )

  2. Dimana-mana kok sering masalah yang sama ya, sampah! Padahal sesederhana apapun lokasi kalau bersih tetap nyaman didatangi. sayang masih banyak yang kesadaran arti kebersihan kurang…

  3. Betul bgt, masalah sampah emg selalu ada dimana2, pdhl kan ga setiap saat abang pembersih sampah selalu bersihin org yg buang sampah, kebersihan untuk bersama πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *