Pernah membayangkan ada blue mosque di Indonesia? blue mosque atau Hagia Sophia sebenarnya adalah sebuah masjid di Turkey. Disebut blue mosque karena kubahnya yang berwarna biru dan mempunyai menara runcing yang menjulur ke atas. Namun yang dimaksud blue mosque disini adalah Masjid Raya Al Azhom, yang berada di Kota Tangerang, Banten. Menjadi unik manakala bentuk kubahnya, juga menara masjidnya sekilas menyerupai sebuah masjid yang bernama asli Sultan Ahmed Mosque di Turkey sana.

Berdiri pada tanggal  23 April 2003 dan di resmikan oleh Walikota Tangerang saat itu  Drs. H. Moch Thamrin. Berada di Jalan Satria Sudirman (puspem) Kota Tangerang, Banten dan bersebrangan persis dengan kantor Walikota Tangerang. Masjid ini merupakan yang terbesar sekaligus menjadi icon Kota Tangerang yang mempunyai julukan sebagai akhlakul karimah yang berarti sikap yang terpuji.

Emang sih ekpektasi saya aja yang membayangkan itu seperti blue mosque, tapi kalo dilihat sekilas memang mirip kok #agakmaksa. Walau warnanya sedikit beda karena berwarna agak hijau toska, mungkin bukan blue mosque yang tepat, tapi green mosque.

Terdapat 5 kubah berukuran raksasa yang katanya terbesar di dunia. kelima kubah tersebut melambangkan 5 rukun islam dan 5 waktu sholat. Di antara kubah-kubah yang ada terdapat berbagai tulisan arab yang merupakan surat-surat dari Al Qur’an. 4 menara yang berdiri megah juga merupakan makna dari 4 ajaran islam yaitu akidah, akhlak, syariah dan ibadah [sumber].

Bukan tidak sengaja saya mengunjungi Masjid Raya Al Azhom, karena memang niatnya ingin berbuka puasa sekaligus sholat maghrib berjamaah. Eh nyatanya malah dapat takjil gratis. lumayan dapat nasi kotak berisi ayam bakar plus air mineral, agak nyesel sih ga kebagian kolak karena kehabisan. 


Allahuakbar-allahuakbar Bunyi adzan maghrib berkumandang. Tak sabar rasanya untuk segera berbuka dengan nasi kotak berisi ayam bakar yang kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah. Suasana berbeda ketika masuk ke dalam masjid, selain luas karena atapnya yang tinggi, di dalamnya juga tidak ada tiang-tiang penyangga seperti masjid pada umumnya. Sedikitnya karpet yang menutupi lantai menjadi menarik, karena pantulan dari marmer di dalam masjid membuatnya sangat indah. Kalau kata orang photography sih reflection gitu namanya.

Ada juga sebuah replika Al Quran yang lumayan besar terpampang persis di samping masjid. Selain menarik perhatian karena bentuknya yang lumayan besar, keberadaan replika Al Quran tersebut juga menambah kesan islami terlebih sekarang merupakan bulan ramadhan.

Banyak masyarakat sekitar tangerang maupun wisatawan lokal yang sengaja berkunjung untuk dapat berbuka puasa sekaligus sholat berjamaah baik itu sholat maghrib, isya maupun tarawih. Walau ada juga sebagian yang datang sekedar ingin takjil gratisnya. Bentuk masjidnya yang megah, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat khususnya di kota tangerang. Selain sebagai tempat ibadah dan syiar agama, di sekitaran masjid al azhom sering dijadikan tempat berkumpul bagi para komunitas di tangerang, juga suka diadakan bazar ramadhan seperti sekarang ini.

52 comments

  1. Masya Allah…. keren banget mas… <3
    Saya merasa nostalgia dengan sejarahnya Hagia Sophia di Turkey lewat novelnya Mbak Hanum Rais, 99 Cahaya di Langit Eropa. Hehehe

  2. ada lagi kak yg menarik dari tangerang ada masjid pintu seribu sama masjid kali pasir yg kubahnya berbentuk seperti pagoda, semoga nanti bisa keliling tangerang 🙂

  3. Pernah lihat Mesjid ini waktu ke Tangerang. Gede banget memang dilihat dari luar. sayang ngak masuk ke dalam Mesjidnya. Hebat juga ya mesjid sebesar itu tanpa tiang penyangga.

  4. nah itu dia mas hebatnya, kalo masjid biasa kan tiang penyangganya biasanya ada di tengah2 masjid, dari jalanan sudirman aja keliatan banget menara masjidnya mas

  5. wah Subhanallah mas masjidnya keren sangat…semoga bisa sholat d stu juga dah mantap mas…keren foto”nya.. replika qurannya boleh tuh mas di bawa pulang ?? hehe

  6. eehh ada ya? baru tau nih kalo ternyata ada blue mosque di Tangerang. Kapan2 kesana ahh.. siapa tau terus kesampean ke Blue Mosque yang asli hehe… amiiinn 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *