Tiga hari lamanya berada di Kota Banjarmasin membuat saya bertanya-tanya, kuliner apa yang menarik dari kota yang mempunyai julukan sebagai seribu sungai ini? sudah tiga hari lamanya pula saya tidak pernah mencicipi makanan khas yang ada disini, padahal banyak kuliner yang bisa kita coba. Beruntungnya, disisa hari terakhir saya diajak ke suatu tempat untuk menyantap salah satu kuliner khas yang sangat melegenda, yaitu soto Banjar. Makanan khas suku banjar yang satu ini memang tidak pernah terlupakan bila berkunjung ke Banjarmasin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cukup 30 menit kira-kira perjalanan dari pusat kota Banjarmasin untuk bisa sampai ke restoran bernama Soto Banjar Bang Amat. Letaknya yang berada persis di samping sungai martapura membuat kita dapat melihat kesibukan kelotok (perahu kecil) melewati sungai yang hulunya terdapat di kota martapura ini, bahkan terdapat pula kelotok yang sengaja berhenti sembari menjajakan jualannya seperti buah-buahan.

Awalnya sempat bingung, beda antara soto banjar dan nasi sop apa? ternyata keduanya sama saja, sama-sama berasal dari kuah yang sama. Jika soto banjar itu pakai ketupat kalau nasi sop yang pastinya pakai nasi. Hanya dengan Rp.22.000 kita sudah dapat menikmati satu porsi soto banjar atau nasi sup. Bumbu rempahnya berasa banget, ditambah dengan sop kaldunya yang nikmat. Nah sebagai pengiringnya adalah sate ayam. Harga untuk satu tusuknya adalah Rp.1500, dagingnya sangat lembut dan empuk ditambah dengan bumbu kacangnya yang gurih.

Kita juga disuguhkan dengan alunan musik panting yang kalau di dengar sekilas mirip musik melayu dengan nada cengkoknya yang kuat. Panting adalah musik khas banjar, pertunjukannya hanya ada pada hari selasa, kamis, sabtu dan minggu. Iringan lagu-lagunya terdengar sangat merdu membuat kami sejenak untuk menikmati musik khas banjar tersebut, sebelum pada akhirnya harus melanjutkan kembali ke pusat kota banjarmasin.

Alamat Soto Banjar Bang Amat :
Jalan Benua Anyar No.6
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Buka jam : 07.30 – 17.00 WITA

26 comments

  1. Sayang soto banjar ini cuma buka sampai jam 5 sore, soalnya kalau buka sampai malam, pemandangan lampu yang terpantul aliran sungai pasti akan sangat ngat romantis :hehe. But nevertheless, itu enyak banget sate ayamnya ya Kak aaaaak. Saya mesti belajar mengambil foto makanan dengan angle seperti itu supaya bisa tampak sangat menggoda :hehe.

  2. iya kak coba yaa sampe malam, bisa sekalian candle light dinner gitu wkwk,
    oiya sate ayamnya emang enak dan lebut banget,
    aaah itu hanya kebetulan semata ngambil fotonya πŸ˜›

  3. Baru tau klo soto Banjar ini menu pendampingnya ada sate ayam. Belum pernah ke Banjarmasin sih, tp pas acara pekan mahasiswa di kampus waktu itu sih cuma makan sotonya aja πŸ™‚

  4. Kakakknyaaa..

    kita makan di rumah makan yang sama kayaknya hahahah *tapi emang itu yah yg terkenal resto soto Banjarnya* eh perasaan pas ke sana ga nemu yang main musik kak :(( aku kurang beruntungg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *