May 16, 2016 Dede Ruslan 0Comment

Kota Tegal berada di pesisir Pantura Jawa Tengah secara geografis yang menyebabkan kota Tegal mendapat julukan Kota Bahari. Kota yang berbatasan dengan kota Brebes, Banyumas dan Pemalang menyuguhkan banyak wisata alam yang sangat asri. Di kota ini pun didirikan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) yang akan menjadi cikal bakal terbentuknya TNI Angkatan Laut.

Jika Anda telah penat akan rutinitas sehari-hari berwisata di Pantai Alam Indah (PAI) bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda kunjungi. Tempat wisata yang tidak jauh dari pusat kota ini akan sangat banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan.

6 Spot Menarik Di Pantai Alam Indah Tegal2
sumber : http://wisatalagi.blogspot.co.id/2015/10/6-spot-menarik-di-pantai-alam-indah.html

Pantai dengan memiliki panjang sekitar 2100 meter dengan pemandangan yang sangat indah karena sangat terawat. Pantai yang strategis dengan pasir yang berwarna coklat akan mampu menarik perhatian para wisatawan. Di pantai ini bukan saja hanya menyuguhkan keindahan pantainya tetapi Anda akan bisa menikmati suguhan lainnya di dalam satu lokasi. Apakah juga tersedia hotel sebagai tempat pelepas kelelahan?

tegal

Jika Anda ingin mengisi liburan berkunjunglah ke Komplek Pantai Alam Indah ini, yang berlokasi di Jalan Sangir Kelurahan Mintaragen. Hanya dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp. 1.500 Anda sudah bisa memasuki kawasan Pantai Alam Indah (PAI) dengan adanya enam spot lain yang bisa Anda nikmati.

Anjungan pantai

Rasakan hembusan angin pantai yang akan menerpa tubuh Anda, nikmatilah deburan ombak dan indahnya sunset dengan menyusuri anjungan yang memiliki jarak hampir 100 meter. Di anjungan ini sangat bagus sekali untuk mengabadikan momen terbaik Anda. Bagi Anda yang memiliki hobby memancing, di anjungan sini Anda bisa memancing sambil bersantai.

monumen bahari

Museum Bahari

Pernah Anda mengunjungi museum Bahari yang berada di Jakarta? Museum Bahari yang berada di dalam Komplek Pantai Alam Indah ini berbeda dalam penataan memajang benda bersejarahnya. Museum ini memajang benda-benda bersejarahnya di alam yang terbuka. Sehingga memberikan keleluasaan bagi para pengunjung untuk bisa mengambil momen berfoto.

Monumen Bahari merupakan tugu peringatan yang diresmikan pada tanggal 20 Desember 2008. Monumen ini didirikan sebagai sarana untuk mengenang peristiwa bersejarah. Monumen ini didirikan di lahan dengan luas 12.000 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 5.000 meter persegi. Bagunan yang menyerupai kapal perang ini terdiri dari bermacam alat utama sistem persenjataan yang sudah tidak terpakai lagi.

6 Spot Menarik Di Pantai Alam Indah Tegal1
sumber : http://wisatalagi.blogspot.co.id/2015/10/6-spot-menarik-di-pantai-alam-indah.html

Waterboom Poci

Bukan hanya saja sensasi dari air laut yang bisa Anda nikmati, disini Anda pun bisa menikmati Waterboom yang bisa memacu andrenalin Anda. Perosotan yang panjang dan melingkar dengan lintasan yang lebih dari 30 meter ini bisa Anda coba.

Ditengah- tengah kolam renang dengan memiliki air yang segar dan jernih akan ada wahana yang utama yaitu teko raksasa, yang biasa dikenal dengan Poci. Poci ini memiliki tinggi 15 meter yang akan menyiram air dalam jumlah yang sangat banyak setiap menitnya. Anda akan menikmati sensasi guyuran dan kesegaran dari air Poci ini. Jika Anda akan memasuki wahana ini biaya yang akan dikenakan sebesar Rp. 10.000.

Wisata kuliner

Di Pantai Alam Indah (PAI) tidak akan lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi sajian kuliner disini, makanan khas Tegal. Menu makanan yang tidak akan pernah Anda temui di lokasi lainnya, dengan menu spesial kupat glabed. Dan kupat bongkok. Anda bisa sambil berjemur atau lesehan di pantai ini untuk menikmati makanan spesial khas Tegal ini. Jika Anda ingin lebih privasi dalam menikmati lezatnya makanan ini Anda bisa memesan tempat khusus yang telah disediakan oleh pengelolah yaitu restoran yang ada di tengah pantai dengan jarak 200 meter.

Kereta wisata dan perahu wisata

Jika Anda ingin lebih memuaskan keinginan untuk menikmati keindahan alam Pantai Alam Indah (PAI) pihak pengelolah telah menyiapkan perahu yang bisa disewa. Untuk menjaga keamanan disaat menaiki perahu sebaiknya mengenakan jaket pelampung yang telah disediakan oleh pemilik kapal. Anda akan diantar pula menuju bangkai kapal jika Anda ingin mengabadikan momen disana.

Selain adanya perahu wisata di Pantai Alam Indah (PAI) juga terdapat jalur kereta yang disiapkan pihak pengelola untuk mengantar Anda berkeliling area dengan hanya berbiaya sebesar Rp. 5.000 per orang sama dengan biaya jika Anda menaiki perahu wisata.

Disini pun terdapat wahana khusus untuk anak-anak seperti komidi putar, kereta halilintar, atau kolam renang yang mini yang memberikan keamanan bagi anak-anak.

IMG_9801
sumber http://dhea-syifa.blogspot.co.id/2015/10/tegal-kota-bahari.html

Belanja souvenir

Pastinya jika Anda yang datang dari luar kota tidak akan lengkap jika Anda tidak membeli produk-produk asli buatan warga Tegal. Di Pantai Alam Indah (PAI) tersedia lokasi yang menyediakan souvenir berupa baju pantai, kaos Tegal atau pernak pernik engan harga yang cukup relative murah sekitar Rp. 10.000 – 35.000 untuk harga kaos.

Seharian berada di dalam Komplek Pantai Alam Indah (PAI) akan kurang memuaskan karena banyaknya wahana yang bisa Anda datangi. Lebih baik jika Anda bisa berada disini untuk beberapa hari dengan menginap di hotel yang berdekatan dengan objek wisata di Tegal ini. Ada banyak hotel tersedia di Tegal, seperti terlihat di situs Traveloka.

Tidak akan pernah ada kata menyesal untuk berkunjung di Komplek Pantai Alam Indah (PAI) karena memberikan pengalaman yang baru dan menyenangkan. Berwisata sambil belajar tentang sejarah Kota Bahari. Ditunggu kedatangan Anda untuk menikmati pesona alam di Kota Bahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *