Tahun ini genap 30 hari lamanya kita berpuasa. Tepat pada tanggal 4 Juli 2016, Pemerintah melalui kementrian agama yang dipimpin oleh Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwasannya kita akan merayakan idul fitri 1 Syawal 1437 pada tanggal 6 Juli 2016, itu dibuktikan dengan adanya hilal atau bulan sabit muda pertama yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia (sumber). Sontak eforia menyambut lebaran pun dirasakan semua orang yang merayakannya, termasuk balik ke kampung halaman atau isilah bekennya Mudik.

Kata Mudik yang berarti mulih dilik mempunyai arti yaitu pulang sebentar. Seiring berkembangnya Zaman, kata Mudik mengalami pergeseran makna. Mudik sering dikaitkan kata ‘udik’ yang artinya kampung atau desa dan saat ini lebih erat diartikan sebagai suatu kegiatan pulang kampung halamannya saat libur lebaran saat ini. (sumber)

Terutama di Ibukota Jakarta. Sebagai kota megapolitan dan kota terbesar di Indonesia, nuansa menyambut lebaran sangat berasa. Selain sibuk berbelanja baju lebaran, membuat ketupat dan hidangan khas lebaran, hal lainnya yang sangat dirasa adalah mulehnya orang-orang yang merantau ke kampung halamannya masing-masing.

Berhubung tahun ini saya ga mudik ke Ciamis, jadilah saya hanya berdiam di kota Big Durian. Ga mudik bukan berarti ga ada yang bisa dilakukan, bahkan sebelumnya saya mendengar ada sebuah event yaitu #nikonjakartasepiXI yang diadakan oleh Nikon. Sebagai Nikoners, moment berkumpulnya para fotografer dari Nikon maupun lainnya ga akan terlewatkan.

Bertempat di depan sebuah restoran cepat saji di bilangan Sarinah. Karena telat 30 menit jadilah saya ga kebagian kaos, Pembagian kaos hanya untuk 250 orang yang datang pertama. Setelah sambutan dan sepatah dua patah dari para panitia, para peserta hunting yang mungkin bisa mencapai lebih dari 250an orang tersebut tumpah ruah menyusuri sekitar Jalan Thamrin.

Kota Jakarta sepi pas lebaran? fakta banget. itu saya buktikan ketika berada di perempatan sarinah yang biasanya selalu ramai oleh kendaraan maupun pejalan kaki, ini sepi banget. Banyak kejadian unik dan konyol yang dilakukan oleh para peserta hunting. Mulai dari tidur di Jalan raya, foto-foto ditengah jalan, Hunting foto model sampai bermain uni di tengah Jalan. Sungguh ini hal yang ga mungkin dilakukan kalau bukan saat lebaran.

Kesepian kota Jakarta ga hanya di perempatan sarinah, bahkan ketika saya berjalan kaki sampai perempatan Kementrian Agama pun tak kalah sepi. Hanya ada beberapa kendaraan yang berhenti karena lampu merah. beberapa kendaraan pun melaju dengan kencangnya, eits jangan melupakan keselamatan yak.

Hunting pun berpindah dari sarinah menuju Bundaran Hotel Indonesia atau lebih dikenal sebagai Bundaran HI. Disepanjang jalan menuju kesana, berderetan model beserta para penggiat foto yang siap memotret setiap gerak dari sang model. Semua orang tampak tumpah ruah, bahkan sampai memenuhi trotoar dan jempatan penyebrangan.

Yup, itulah gambaran betapa sepinya Jakarta ketika lebaran. Kota yang biasa selalu ramai dengan kendaraan lalu lalang. Moment lebaran kali ini memang dimanfaarkan kebanyakan orang untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga atau berkunjung ke tempat wisata. Jalanan sih memang sepi, tapi tidak untuk tempat wisata, terutama saat saya melewati monas, ramai orang mengantri untuk bisa sampai di puncaknya icon Jakarta.

Walaupun bulan puasa sudah pergi, semoga dengan moment idul fitri ini membuat kita semakin baik dan kembali suci seperti bayi yang baru lahir, oleh karena itu tak lupa saya Dede Ruslan mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1437 h, mohon maaf lahir dan batin. Untuk kalian yang mudik, semoga selamat diperjalanan dan bisa balik kembali dengan selamat. 🙂

 

93 comments

  1. ini event rutin tiap tahun ya… sering liat setiap libur lebaran gini. 😀
    btw, kok menurutku tahun ini Jakarta gak sesepi tahun-tahun sebelum ya.. apa cuma perasaanku aja ya 😀

    *ini sudah tahun ke-6 libur lebaran ga mudik, nungguin Jakarta 😀

  2. Udah 2 tahun tidak ikut acara Jakarta Sepi, makin kesini makin rame poll ini ia event tahunan nikon.

    makin semaraknya acara nikon semoga kameranya juga harga bisa bersaing dengan tetangga terutaman lensa.

    salam FN

  3. Saya sbg org yg tinggal di kampung, tdk pernah melihat kota besar yg sepi. Sebaliknya saya malah kegirangan saat lebaran karena di kampung orangnya tumpah ruah.

  4. kota-kota besar emang selalu ditinggal penduduknya ya kalau momen lebaran.

    aku paling senang ngeliat jalanan sepi. rasanya plong, blong gituh. untuk kota Medan yang nggak seramai Jakarta aja, kalau minggu pagi kan sepi tuh, nah saya seringnya jalan-jalannya pas minggu pagi itu karena sepi (tapi menjelang siang udah rame lagi sih kendaraan).

  5. Dulu 2010 pernah ke jakarta pas lebaran. Saya bisa gegoleran ditengah jalan kuningan dan sayangnya belum jaman foto2 selfie unyu ditengah jalan sehingga ngga ada koleksinya hehehe. beberapa negara mayoritas muslim juga mengalami hal sama seperti jakarta

  6. Huaa sepi hehehe. Kalau di jogja malah rame. Di jogja selatan. Kalau kotanya malah sepi. Wah mungkin memang gitu yah potret momen lebaran.

  7. Saat lebaran adalah anugerah bagi kota jakarta. Bebannya berkurang hampir setengahnya. Seneng pastinya orang jakarta ya. Kalau masing masing daerah sudah maju nampaknya Jakarta bisa seperti lebaran ya, tidak ada urbanisasi. Ngomong ngomong bagus banget moto foto yang lagi melaju..tekniknya gimana tuh mas?

  8. Wiih, asyik ya kayaknya kalo Jakarta bisa kayak gitu tiap hari. Hihi.
    Rasanya jadi pengin kesana menikmati suasana Jakarta yang sepi dari kendaraan bermotor dan polusi udara.
    Mohon maaf lahir dan batin juga.

  9. Sama-sama ya…mohon maaf lahir dan bathin juga (belum terlambat, kan? He he he)
    Itu sampai tiduran di jalan ya..hi..hi…hi…
    Momen yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. Bebas polusi asap dan polusi suara juga ya….nyaman kayaknya. 🙂

  10. waaah, keren eventnya disesuaikan dengan jakarta yang ditinggal mudik warganya hahaha. Keren itu spotnya. Thamrin dengan segala macam bentuk tempat nongkrongnya dan jalan yang mulus eksklusif dijadiin objek foto hihihi.
    Tapi, di Depok mah kaga begitu, wkwkkw. Muaceetttt

  11. Maaf lahir batin….

    pas liat berita msh ada jalan yg macet apa lagi klo ke mall. Jalan yg mas ceritakan lancar jaya yah, bs buat sepedaan, hihihi

  12. Wah saking sepinya itu jalanan ibukota bisa dijadikan arena buat bermain kartu uno hahahaha
    Dalam setahun, ada beberapa hari jakarta akan sepi dari kendaraan, salah satunya ketika masa lebaran tiba, ah bahagianya ya… meski hanya untuk sementara :’)

  13. Ndak suka kemacetan, bukan berarti ndak suka Jakarta. Ah, kalo sepi gitu, foto-foto jalan dan gedung pencakar langitnya jadi makin jelas ya.

  14. Kegiatan yang unik ya. Bisa jalan2 sambil jepret2 bebas di jalanan Jakarta yang lengang. Kapan lagi bosa bersila di area Thamrin atau Sarinah. Hahahaha…..
    Saya punya harapan bisa lebaran di Jakarta agar beda dari biasa. Tapi saya takut dengan lalu lintas mejelang dan pasca lebaran. Huhuhu….

    1. amin semoga lebih baik, dan semoga aja mrt dan lrt bisa selesai tepat waktunya agar bisa dinikmatin sama warga jakarta 🙂

      lalu lintasnya macet ya kak apalagi brebes 😀

  15. Seperti biasa sepertinya jakarta dalam waktu setahun hampir 3 kali libur panjang bagi-bagi macet ke daerah lain ya hee.

    Pas banget untuk jogging sambil jepret-jepret dan di Bandung pun sama sih sebenernya sepi dan gak ada kata macet sesudah lebaran hee

  16. Alhamdulillah belum ngerasain jakarta sepi karena lebaran, karena pulang kampung terus

    Dan jakarta sepi jadi kontes di IG juga kan, hitz di instagram

  17. Keren keren banget bang….hasil jepretannya.
    Kalau foto gini, pakai di edit edit ga siih…?

    *maaf Nubie
    tapi asli suka banget sama photography nya.

  18. Saya baru tahu artinya mudik itu mulih dilik:-))

    Ehh, itu akang menghimbau utamakan keselamatan tapi pada foto foto tiduran ditengah jalan 🙁

    Saya suka liat hasil jepretannya. Di psot di blog di compress ke berapa kang filenya ??

    Kapan kapan maulah jd fotomodelnya. #lah

  19. Kata temen Saya yang pernah tinggal lama di Jakarta, katanya kalau lagi pas libur lebaran gitu jalanan sepi terus mobil-mobil mewah biasanya banyak yang keluar menampakkan dirinya. Pengen banget bisa ikut komunitas fotografi, cuma masih belum punya kamera yang mumpuni, jadi segen kalau gabung.

    1. pake kamera digital biasa juga sebenernya bisa kak, tinggal tau cara penggunaan manualnya aja hehe..

      kemarin aku ga liat mobil2 mewahnya mungkin keluarnya malam atau besoknya 🙂

  20. Sampai sekarang, sepertinya Jakarta blm seramai sebelum puasa. Yg saya rasakan sih, gitu. Penjual² masih banyak yang tutup, jalanan di titik yang saya sering lewati lebih cepat sepi, padahal tadinya sering macet ampun²an karena persimpangan.

  21. sebenernya nih, lebaran kemarin harusnya w kaga mudik, tapi tiba2 jadi mudik mendadak.
    padahal udah di plan mau bikin dokumenter jakarta sepi. hosipnya jakarta ngga sesepi taun kemarin ya
    iyalah, liburnya nanggung :/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *