Saat ini, berfoto di dalam air menjadi suatu trend bagi kalangan anak muda kekinian termasuk saya. Entah berfoto di dalam kolam renang, dikedalaman air laut atau lainnya. Ditambah dengan semakin menjamurnya gadget dan kamera yang anti air (water resistant) semakin menambah daya tarik untuk dapat berfoto di dalam air.

Yang menarik, untuk dapat berfoto di dalam air ga mesti ke kolam renang maupun ke pantai atau ke pulau, karena kita dapat mencoba berfoto di dalam air pada sebuah kolam mata air Yaitu Umbul Ponggok. Kata umbul berarti mata air dan ponggok sendiri berasal dari nama desa yaitu desa ponggok. Lokasi dari kolam Umbul Ponggok ini berada pada Jalan Raya Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Air dari Umbul Ponggok sendiri berasal dari sebuah mata air yang lokasinya masih dalam satu kolam yang sama. Terdapat juga berbagai jenis ikan air tawar yang hidup di dalam kolam kedalaman sekitar 2 meter dengan luas mencapai kurang lebih 50×25 meter ini.

Walau sinar matahari begitu terik, namun begitu masuk kedalam dasar kolam ternyata airnya dingin banget, seperti sedang berenang pada dasar lautan yang paling dalam, cuman bedanya disini ga ada arusnya dan airnya tawar 😛

Banyak “destinasi” foto menarik di umbul ponggok, mulai dari foto diatas motor, sepeda, becak, atau sebuah ring tinju sampai berpose ala pre-wedding pun dapat kita lakukan di dasar kolam mata air ini.

Oh iya, yang mengelola dari umbul ponggok ini adalah warga desa ponggok sendiri lho. Semua penduduk berinvestasi, bahu membahu mengelola wisata rakyat ini. Dan hasilnya pun dapat dinikmati sendiri oleh warga desa. salut!

Untuk biaya masuknya cukup murah, hanya 10.000 saja. Untuk penyewaan Masker / Snorkel = Rp.10000, Pelampung = Rp. 5000, Kaki Katak = Rp. 5000, Kamera underwater setengah jam / satu jam= Rp. 60.000 / 100.000.  Murah bukan? yuk berburu foto underwater di Umbul Ponggok.

51 comments

  1. Huwaaaaaa.. *nangis kejer* Sebagai remaja tanggung yang kekinian, aku pengen banget ke Umbul Ponggok dehhhh.. Butuh stock foto instagram buat bulan depan nih.. :))

  2. Saya belum pernah foto dlam air. Nampaknya mengasikan ya.. patut untuk dicoba . Saya paling suka liat tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat sendiri. Buat masyarakat nambah maju.

  3. Umbul Ponggok sekarang rame banget ya mas. Kalo mau ndak rame, dulu saya masuk sekitar pukul 7. Adem banget memang. Tapi kepopuleran Umbul Ponggok sekarang udah sampe dimana-mana, pokoknya joss gandhos kothos-kothos…

  4. Kak, bikin ulasan perjuangan warga mendirikan umbul ponggok, dong. Keren bnget bisa gotong royong gt. Aku pikir tadinya ini punya perorangan/swasta.

    Dari dulu pengen kesini belum kesampaian. Nantilah klo dah ga musim hujan.

  5. asyikk juga tuh foto di dalam air,
    Rasanya bagaimana ya foto di bawah air, dan kamera yg digunakan itu kamera apa?
    Kalau pake kamera biasa, takutnya rusak kena air :l

  6. Ehh iyaa pernah baca juga tentang umbulbphongok ini. Keren emang tempatnya. Dan baru tahu harganya murah gitu.

    Eh mas, upload fotonya originalnsize tanpa compressingya ??

    Di saya gambarnya ga keluar uy. Coba next kalau ‘terlalu sayang’ buat di compress masnnya upload ke photoshop dulu terus save as web

  7. Umbul Ponggok ini lagi ngetrend banget, yak.. Jadi pengen ke sini. Etapi di deket daerahku juga ada sendang macam umbul ini, tapi cuma dikelola buat pemandian, belum ada pengelola khusus buat foto-foto gini.

    1. Me has llamado honrado y por tanto la probabilidad de que maca salga de la cueva ha aumentado drásticamente. Lo de la PowerBalance lo dejé adrede apuntando a hoygan porque me parecía una definición acertada xD

  8. Wah hits dan kekinian banget mas heheh. Aku rumahnya deket, mayanlah naik motor, tapi malah belum pernah e. Hahaha habis rame sih kayaknya. Namanya juga tempat wisata. Duh

  9. Waaahhhh! Ternyata ini kolam bukan laut!!!!!
    Itu murah banget penyewaannya ya haha kalau di pantai gak dapet itu segitu ya.
    Salut deh sama warganya yang bergotong royong memajukan desa hih kereennn fotonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *