Setelah puas mengunjungi wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini di Skouw. kami pun mampir sejenak ke sebuah pantai yang masih satu jalan dengan arah pulang. Tepat ditengah jalan sudah ada gerombolan pemuda yang meminta uang kepada pengunjung yang datang. Mereka mematok satu mobil dengan harga 50.000. Harga yang cukup fantastis memang, udah gitu ga ada tiket resminya lagi huft, tapi karena ga ada pilihan dan jalan lain mau ga mau yasudahlah.

Pantai holtekam ini salah satu deretan pantai di utara papua. Letak administratifnya berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Memang ga seperti pantai yang ada di Raja Ampat yang kebanyakan berpasir putih, disini pantainya persis seperti di parangtritis di Yogyakarta yaitu berwarna abu – abu gelap, walau begitu airnya sangat biru dan jernih.

Di hari Minggu ini, banyak masyarakat sekitar yang menghabiskan waktunya di pantai untuk sekedar menikmati dari pinggir pantai, bermain bersama anak-anak mereka atau berenang. Salah satunya anak kecil yang saya temui ini. Dia lagi asyik bermain bersama kakaknya. Usianya mungkin masih sekitar 2-4 tahun. lucu sekali sih tingkah lakunya, sembari memainkan bola saya meminta anak kecil itu untuk berfoto. Sang kakak pun menyuruh untuk berpose dan tak jauh dari tempat saya berdiri, keluarga dari anak kecil ini ternyata sedang duduk – duduk santai dibawah pohon kelapa. Dengan wajah sumeringah mereka meminta sang anak untuk berpose bak model di depan kamera.

Cuaca siang itu memang cukup terik, tapi tidak mematahkan semangat pengunjung yang datang untuk bermain di pinggir pantai atau berenang di lautan. Deburan ombaknya lumayan deras tapi tidak sederas yang ada di selatan jawa. yang saya suka adalah warna lautnya yang biru juga dengan pemandangan bukit – bukit hehijauannya yang menawan.

Tak sampai melepas baju dan sepatu saya pun harus bergerak balik menuju kota Jayapura. salam perpisahan terakhir dari anak kecil itu dan keluarganya begitu hangat. mereka menyapa dan melambaikan tangan kepada kami yang akan pulang.

Sepanjang perjalanan menuju Jayapura

Sepanjang perjalanan menuju ibukota Provinsi Papua ini, mata kami seakan tak habis – habisnya melihat pemandangan, bagaimana tidak sepanjang perjalanan kami harus melewati deretan pantai dan laut biru yang sangat indah bukit yang hijau dan asri, sulit rasanya untuk dilewatkan apalagi jika tidak berfoto 😛

view saat pemberhentian kedua

kami sempat berhenti tiga kali saat itu, pertama berhenti disamping persis disampinh jalan yang pemandangannya langsung lautan, kedua berhenti untuk sekedar menikmati kelapa muda yang segar yang viewnya menghadap teluk yos sudarso dan terakhir untuk makan siang. Perjalanan yang jauh membuat kami semua lapar dan butuh tenaga lebih untuk bisa sampai ke kota 😀

kurang lebih dua jam kemudian kami baru tiba di Kota Jayapura. Sungguh perjalanan yang menyenangkan dapat pergi ke perbatasan dan melihat pantai secara langsung juga saling megenal dengan masyarakat Papua.

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *