Dimulai pada tahun 1938, Sinar Mas sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia didirikan. Perusahaan yang sudah berusia 79 tahun dan mempunyai sekitar 380.000 orang karyawan ini secara aktif berpatisipasi bagi kemajuan Bangsa Indonesia dengan berbagai macam bidang usaha yang dikenal dengan 6 pilar bisnis, dimulai dari hulu hingga ke hilir. Berikut ini adalah penjelasan 6 pilar bisnis Sinar Mas.

1. Pulp dan kertas

Perkenalan saya pertama kali dengan perusahaan Sinar Mas dimulai dari pembelian buku untuk sekolah yang biasa dilakukan setiap awal semester. Yup, anak sekolah mana yang tidak mempersiapkan untuk sekolahnya. Melalui sebuah buku ini saya menjadi kenal dengan Sinar Mas yang saat itu dipegang oleh perusahaan bernama Tjiwi Kimia yang bergerak pada bidang pulp dan kertas.

Namun saat ini sudah berganti nama menjadi Asia Pulp & Paper (APP) yang memproduksi kertas dan lainnya. APP menjadi industri yang memiliki kapasitas produksi hingga 12 juta ton per tahun, menjangkau 120 negara di 6 benua.

2. Agribisnis dan pangan

Pada lini bisnis lain, PT Smart Tbk atau Sinar Mas Argo Resource and Technology  sebuah perusahaan yang bergerak pada sektor agribisnis dan pangan. Didirikan padatahun 1996 bersamaan dengan salah satu anak perusahaannya, PT Sinar Mas Agro Resources, GAR. menjadi salah satu pengelola perkebunan kelapa sawit terintergrasi terbesar di dunia. Golden Agri Resource Ltd sudah mengoperasikan setidaknya 34 pabrik pengolahan minyak kelapa, 3 kilang dan juga 6 pabrik pengilahan minyak kelapa sawit yang salah satunya PT Smart Tbk.

3. Layanan keuangan

Pada bisnis keuangan, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) merupakan layanan keuangan yang terdiri dari macam bidang, mulai dari asuransi, sekuritas, perbankan serta pasar modal jasa. Sinar Mas MSIG Life adalah salah satu anak perusahaan yang yang fokus pada layanan asuransi jiwa. Selain itu ada Bank Sinar Mas yang fokus pada layanan komersial dan pembiayaan konsumen juga pemberian pinjaman untuk Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM).  Dengan berbagai macam layanan keuangan, Sinar Mas turut andil dalam kemajuan sektor perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah dan UMKM, serta manajemen aset.

4. Pengembang dan real estate

Siapa tak kenal BSD City? yang tinggal di Tangerang pasti kenal betul dengan kota di Barat Jakarta ini. dengan berkonsep One Stop Living, membuat BSD City menjadi salah satu kota mandiri dengan berbagai fasilitas terlengkap, mulai dari pendidikan, kesehatan, rumah tinggal hingga pusat hiburan semua ada. BSD City merupakan bagian dari Sinar Mas land yang kantornya berpusat di Jl. BSD Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten [maps]. Tak hanya itu, Sinar Mas Land juga memegang peranan penting bagi beberapa proyek perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel, hingga resor wisata yang tersebar bukan hanya di Indonesia tapi juga di Asia hingga Eropa.

5. Telekomunikasi

Dari Sektor telekomunikasi, PT Smartfren Telecom Tbk memegang peranan penting terutama bagi penyedia layanan 4G LTE yang berkualitas, cepat dan tepat. Mendukung kecepatan download hingga hingga 14.7 Mbps membuat Smartfren menjadi juara dikelasnya. Itu karena didukung oleh teknologi jaringan nirkabel dengan menggabungkan dua atau lebih saluran radio (spektrum).

6. Energi dan infrastruktur

Tak hanya itu, Sinar Mas juga memegang peranan penting pada bidang energi dan Infrastruktur. PT. Dian Swastatika Sentosa Tbk merupakan perusahaan yang berfokus pada pembangkit listrik khususnya di pulau jawa. Berdiri pada 1 Januari 1988 hingga saat ini sudah ada empat kegiatan usaha yang dioperasikan. Mulai dari uap dan pembangkit tenaga listrik, perdagangan besar, multimedia dan pertambangan batu bara.

Sinar Mas juga turut berkontribusi membantu masyarakat dalam berbagai bidang, salah satunya adalah Al – Qur’an untuk Indonesia yang merupakan Program amal bagi kebutuhan Al-Qur’an di Indonesia. Menurut Kementerian Agama, pada tahun 2011 saja, kebutuhan kitab suci Al-Qur’an mencapai 2 juta mushaf per-tahun, namun hingga saat ini percetakan secara nasional baru memenuhi sekitar 50–60 ribu mushaf saja. Untuk info lebih lanjut dan cara berpartisipasi dalam program amal Al-Qur’an dapat mengunjungi website berikut [link].

Selain itu, Bazaar Rakyat menjadi program selanjutnya Sinar Mas bagaimana dalam hal ini Sinar Mas telah menyalurkan minyak goreng bersubsidi ke berbagai daerah di Indonesia. Program Bazaar Rakyat ini bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk asli dalam negeri yang berkualitas [link].

Menginjak usia yang ke-79 tahun ini, Sinar Mas menjadi salah satu bagian dalam event Trade Expo Indonesia 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan. Event perdagangan yang ke-32 ini diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten [maps]. Acara tersebut telah berlangsung dari tanggal 11 – 15 Oktober 2017, mulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 Malam [link].

Secara resmi Bapak Presiden Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita membuka acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2017.

Managing Director Sinar Mas Group, mengungkapkan bahwa sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo yaitu agar pangsa pasar dan ragam produk industri diperluas, Sinar Mas sangat termotivasi dan sangat mendukung hal itu. Bentuk dari Komitmen tersebut didukung oleh berbagai pilar bisnis Sinar Mas mulai dari pulp dan kertas, serta agribisnis dan pangan. Selain itu, kelompok usaha ini memiliki bisnis layanan keuangan, pengembang, telekomunikasi, dan energi serta infrastruktur #sm79 [link].

Ingin tahu tentang Sinar Mas? Join aja di social media berikut :

Facebook :  : SinarMasID | Twitter : @sinar_masid | Instagram : @sinar_masid

Sumber foto : www.sinarmas.com

2 comments

  1. Sinar Mas sekarang banyak banget yang dibuat. Mulai dari kerta, bahan makanan, provider, sampai bank hehehehe.
    Semoga tetap sukses dan kalau bisa kuota smarfren yang dulu ada kuota malam dibalikkan. Kalo perlu yang unlimited 😀 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *