Istilah generasi milenial hangat terdengar manakala Presiden Joko Widodo selalu mendengungkan generasi milenial sebagai generasi masa kini yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa dikemudian hari. Secara demografi, generasi milenial merupakan gen Y yang lahir 1980an hingga pertengahan 1990-an.

Generasi penerusnya, yaitu Gen Z adalah kelompok demografi setelah Gen Y yang kini populasinya mulai menunjukan signifikan. Mayoritas memang belum berusia dewasa, tapi kelak akan menggantikan posisi Gen Y yang saat ini sudah banyak menduduki kursi sebagai CEO atau pemimpin.

Dibandingkan dengan Gen Y, Generasi Z ini terbilang unik, karena lahir pada era digitalisasi dan internet, menjadikan pola hype and trend pun berbeda. Generasi Z adalah generasi yang selalu berusaha mengikuti tren terbaru sesuai pop culture saat ini, menyukai kebebasan, suka mencoba pengalaman baru, pergi liburan, menjadi bagian dari komunitas untuk didengar dan senang tampil untuk berbagi dengan orang lain.

Ibu Chaiyren Olivia Herman selaku Account Manager of Milward Brown Indonesia yang saya temui dalam acara peluncuran ”PowerLunch How To Attract Gen Z” di Senopati, Jakarta Selatan menuturkan beberapa fakta unik tentang Gen Z ini. Sebagai Generasi yang anak muda masa kini, mereka sangat tidak tertarik dengan keberadaan iklan, baik berbentuk foto, video, ataupun cetak. Pola ketertaikan dengan sosial media juga berbeda. Bila Gen Y lebih banyak menghabiskan waktu dengan twitter, Youtube atau Facebook, beda dengan Gen Z yang lebih suka menghabiskan waktu dengan instagram.

Melihat perilaku Generasi Z yang selalu berusaha mendapatkan update tren terbaru dan menjadi bagian dari komunitas, Giring Ganesha, Sebagai CEO dan Co-Founder KINCIR merasa perlu memfokuskan diri sebagai media informasi dan hiburan terpecaya.

Dengan mengusung tagline ‘We Are Young’, KINCIR menghadirkan 3 kanal baru dan mengembangkan 2 kanal yang sebelumnya sudah ada dengan tampilan yang lebih fun dengan mengutamakan visual dan konten yakni :

  1. Geeky, berisi kontent mengenai kebudayaan pop yang digemari anak muda, khususnya lelaki, mulai dari film, komik, game, anime, teknologi dan
  2. Chillax, memuat gaya hidup generasi muda, seperti pengetahuan dunia, relasi percintaan, hubungan buku, travel, music, kuliner, kesehatan, edukasi, dan pekerjaan.
  3. Icon, berisi konten yang membahas sosok-sosok ternama dan jadi sorotan, mulai dari selebritas, figure yang tengah menjadi viral, dan tokoh yang menginspirasi dalam bidang apapun.
  4. Turbo, membahas otomotif, mulai dari pembahasan mengenai kendaraan hingga modifikasi aksesoris otomotif yang digemari anak muda.
  5. Style, kanal yang bertujuan memberi inspirasi dalam gaya, mulai dari bagaimana cara memadukan pakaian, aksesoris, sepatu, hingga gaya rambut yang bisa diaplikasikan anak muda.

Selain itu, tampilan baru dari kincir menambah daya pikat untuk membacanya, apalagi dengan berbagai konten menarik juga informatis menjadikan para generasi saat ini betah lama-lama setiap artikel yang ada didalamnya . kincir bisa dijadikan salah satu sarana bagi anak muda zaman now agar bisa mengetahui seluk beluk tentang hobi dan ketertarikan mereka misal pada otomotif, game dan lifestyle ataupun lainnya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *