November 8, 2017 Dede Ruslan 30Comment

Sebagai seorang traveler, packing, check-in, booking adalah beberapa hal yang biasa dilakukan sebelum melakukan sebuah perjalanan. Traveling, dewasa ini memang sudah seperti gaya hidup khususnya anak muda yang mendambakan pergi dan mencari pengalaman yang belum ditemui sebelumnya. Saya pun sebagai seorang yang (mengaku) muda, traveling adalah suatu keharusan disaat saya sedang jenuh dan butuh suasana baru. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, berikut ini beberapa hal yang disiapkan sebelum traveling :

1. Checkin Online is a must!

Untuk kamu yang akan berpergian jauh dan harus naik pesawat, pastikan udah check-inonline ya, karena ini berguna banget (serius). Dulu memang saya sempet menyepelekan hal ini, sampai pada akhirnya harus menerima kenyataan pahit karena telat check-in di bandara Adisutjipto yogyakarta, dan efeknya berakhir kepada hancurnya jadwal yang sudah direncanakan, ngeri kan?

Belajar dari pengalaman tadi, saya mulai terbiasa check-in-online sebelum berpergian naik pesawat. Bahkan ketika saya di Balikpapan, saya selamat dari ketinggalan pesawat. Memang pagi harinya saya sempat check-in-online. Bayangkan saja, jam 10.05 boarding tapi jam 10.45 saya baru berangkat, untung dekat bandaranya. Benar saja, begitu sampai saya langsung masuk menuju pintu pesawat. fiuh untungnya.

2. Pastikan Gadget dan Kamera ga ketinggalan

Pernah traveling tapi ga bawa kamera? saya pernah banget. Sayang banget kan moment yang mungkin tidak bisa diulang dan tidak bisa di-capture. Bagi sebagian orang mungkin menganggap gadget/kamera itu ga penting kalau lagi traveling entah ingin menikmati suasana alamnya atau tidak ingin diganggu dengan berbagai aktifitas sosial media.

Tapi bagi saya yang seorang blogger amatiran ini penting banget,. Gimana caranya menceritakan suatu pengalaman tanpa adanya foto, sepertinya kurang meyakinkan dan memperkuat isi cerita. Maka dari itu saya selalu mempersiapkan kamera, baik dari battery, memory card, colokannya, dan berbagai gadget pendukung seperti handphone, ipod ataupun laptop (kalau lagi butuh).

3. Jangan Lupa Penginapan

Karena ketidaksiapan melakukan perjalanan ke bandung, saya dan teman – teman sampai harus menginap di emperan masjid raya Bandung yang dingin dan lembab karena baru turun hujan. Memang salah kami juga, melakukan perjalanan tanpa memikirkan prnginapan yang penting sampai ke Bandung dulu, urusan penginapan belakangan.

Benar saja, ketika sampai Bandung, malah kebingungan harus mencari penginapan dimana, karena nanggung juga cuman semalam doang, karena besok paginya kami harus menuju kawah putih, alhasil tidur dimanapun jadi, yang penting bisa selonjoran.

4. Buat itinerary lengkap sebelum berangkat

Saya pernah melakukan hal bodoh ketika pergi ke Semarang, judulnya yang penting jalan-jalan menghabiskan weekend di Ibukota Jawa Tengah ini. Setelah tiba sangat pagi di stasiun tawang, saya dan seorang teman duduk termenung, kita harus kemana dan ngapain. bahkan kami sempat berganti-ganti hotel, perjalanan pun berdasarkan cerita dari penduduk sekitar ataupun dari google.

Puncak-puncaknya, saat saya selesai mengunjungi rawa pening pada malam hari, pas pulang ga ada kendaraan dong, kami sudah bingung mau balik ke semarang bagaimana. Beruntung, ada penduduk sekitar yang mau mengantarkan kami ke jalan besar untuk aik bus menuju Semarang. Biaya pun membengkak, bahkan lebih mahal transportasi dari pada biaya makan dan penginapan. Bahkan saya sampai empat kali gonta ganti kendaraan dari ungaran sampai ke bundaran pemuda, Semarang.

5. Pakai Pakaian yang sesuai, jangan salah kostum ya

Dengan mobilitas yang tinggi, pakaian salah satu faktor penting penunjang kenyamanan saat traveling, jadi jangan salah kostum ya. Karena saya pernah mengalaminya sendiri. Gimana saya pergi ke daerah pegunungan, tapi ga bawa jaket, alhasil kedinginan. Tidurpun pakai seprai coba. Lain cerita ketika saya pergi ke pantai carita anyer. Dengan pakaian lengkap, jaket, baju tapi malah ga bawa celana pendek untuk berenang.

Maka dari itu, setiap sebelum traveling, saya selalu mempersiapkan pakaian guna membuat liburan saya menjadi lebih menyenangkan. Pastikan juga membeli pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi disana. Untuk urusan beli dimana, saya lebih suka online misal beli pakaian di Zalora karena lebih praktis juga dan cepat sampainya.

Beruntungnya, menjelang akhir tahun ini, akan ada HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) dan kamu akan menemukan banyak sekali diskon yang menarik pada HARBOLNAS 2017 khususnya jika belanja di Zalora

Lalu apa sih HARBOLNAS? yaitu Hari Belanja Online Nasional yang pertama kali dilangsungkan pada 12 Desember 2012, sejak saat itu setiap tahun tepatnya 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional. Yang seru pada HARBOLNAS ini, kita bisa menikmati diskon belanja online besar-besar bahkan bisa discount hingga 75.000 hanya di Zalora.

Nah itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum traveling. Memang butuh persiapan matang jika liburan kamu akan menjadi hal yang menyenangkan tentunya. juga jangan lupakan riset sebelum melakukan perjalanan, ataupun informasi terbaru tentang destinasi yang akan kita tuju, itu sangat membantu agar kita bisa terhindar misal sedang tutup karena renovasi, atau tidak baik dikunjungi pada bulan-bulan tertentu.

30 thoughts on “5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling

  1. Nyesek bgt kalau ke tempat2 keren tapi gk bawa kamera.. So, gue kalau lagi keluar kota entah lagi jalan2 atau tugas kantor pun pasti bawa kamera, siapa tau dapet moment atau tempat indah gak sengaja..

    Salam
    -Traveler Paruh Waktu

  2. betul banget mas Dede, kalo gadget ketinggalan banyak banget masalahnya, dari nggak bisa komunikasi dan browsing tempat2 yg ingin dituju, ngga bisa selfie pulak, hihihi..

  3. Point 4 itu penting, terutama jika berangkat bareng dengan rombongan agar bisa saling mengetahui dan mengingatkan rencana perjalanannya.

  4. Sampai saat ini aku masih belum bisa melakukan light travelling kak. Pasti bawaannya segambreng padahal udah dikurang-kurangin. Ampuun deh. Setuju banget sama tips harus bikin daftar kegiatan yang lengkap! Pernah juga ngalamin seperti itu pas ke Bali dan ujung2nya ya hanya mengunjungi yang dekat2 penginapan aja.

    Bikin artikel tips light travelling dong kak…

  5. Kalau aku sebelum travelling sendirian yang penting mencari tahu medan dan jika misalkan tidak tahu mending pura-pura sebagai orang lokal, baru kemudian nanya ke orang yang sekiranya dipercaya.

  6. Kalo mslah itenenary aku udh blajar skrg, ngeliat dlu nama-nama tmpat wisata di kota tsb nyari info lokasi yg kira2 bisa dket2an biar gak wasting time. Nah nyari penginapan jg yg strategis kalo bisa dtengah kota, biar kemana2 enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *