Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana musim hujan tidak dapat diprediksi, pada tahun 2017 ini, musim hujan kembali terjadi pada oktober dan mungkin bisa sampai januari bahkan februari besok. Musim hujan seperti ini bukanlah menjadi penyebab untuk tidak traveling. Banyak cara yang bisa dipersiapkan sebelum memulai pertualangan baru yang menegangkan. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum memulai traveling saat musim hujan :

Payung atau Jas Hujan

‘Bawalah payung sebelum hujan’,

Sebuah pribahasa lampau, yang artinya untuk selalu berjaga-jaga sebelum badai menerjang.  Kata maupun makna pribahasa tadi memang benar adanya. Apalagi saat traveling pada musim hujan seperti ini. Bagaimana kita harus melindungi diri dari guyuran hujan, entah memakai payung atau jas hujan.

Ponco atau jas hujan adalah sebuah pakaian pelindung hujan yang melindungi hampir seluruh tubuh, namun tergantung dari tipe jas hujannya. Pakaian pelindung ini sangat cocok sebenernya untuk naik gunung. Selain praktis, juga sangat membantu para penanjak gunung saat melewati trek yang terjal dan menanjak.

Dilain sisi, payung juga sangat membantu pada saat hujan menerjang. Hanya saja pemakaiannya lebih cocok pada destinasi dalam kota, seperti keliling museum atau wisata kuliner. Jenis dan ragamnya pun banyak, dari yang besar dan kokoh, sampai yang simpel dan kecil jadi ringan dibawa kemanapun.

Jaket hangat anti air

Sebagai bentuk antisipasi, jaket hangat sangat berguna khususnya di daerah pegunungan. Memang banyak yang bilang kalau musim hujan cuaca pagi jadi lebih hangat, tapi menurut saya sama aja. Apalagi di gunung, tetap saja dingin juga, ditambah kalau sudah keluar kabut, makin dingin lagi.

Bukan jaket wol atau berbulu yang cocok untuk musim hujan, melainkan jaket anti air yang mampu melindungi tubuh dari guyuran hujan, juga udara dingin setelahnya. Semacam parasut begitu bahannya, dan biasanya jaket gunung atau jaket motor banyak yang berbahan seperti itu.

Pakaian dan sepatu ‘ramah’ air

Saat kebasahan karena hujan, pakaian seperti baju olahraga yang berbahan spandex memang lebih ramah terhadap air ketimbang wol atau bahan lainnya. Selain lebih cepat kering, juga lebih mudah dirapihkan dan tidak cepat lecek.

Trashbag Pelindung

Guna melindungi barang-barang dari air hujan, plastik seperti trashbag memang perlu banget, apalagi kalau naik gunung, sebelum memasukan barang-barang ke dalam cariel, pasti harus memasukan trashbag kedalamnya, baru kemudian disusul barang-barang lain semisal logistik, pakaian dan nesting.

Selain itu, plastik ini juga perlu untuk melindungi barang-barang penting lainnya seperti gadget, kamera, dan bisa digunakan baik tas berbentuk daypack, atau tas kecil yang digunakan untuk traveling dalam kota atau cariel untuk naik gunung.

Obat-obatan dan Vitamin

Sebagai bentuk pencegahan, obat-obatan dan vitamin ini perlu guna mengatasi sakit selama perjalanan. Ditambah dengan cuaca hujan, kalau kehujanan dan mendadak meriang kan jadi buyar rencana perjalanannya. Saya selalu membawa obat parasetamol, vitamin c dan diare guna mengatasi sakit saat traveling. Obat diare ini penting juga, karena pengalaman saya yang tidak terlalu suka pedas ini, begitu disuruhkan makanan pedas langsung diare.

Untuk membeli keperluan tadi, saya selalu membelinya di Tokopedia yang menjadi situs andalan untuk membeli segala kebutuhan. Mulai dari pakaian, hingga keperluan kerja dan traveling. Ditambah dengan promo gratis ongkir dari Tokopedia dengan pembelian menggunakan aplikasi Android/IOS hingga Rp40.000 yang berlaku dari tanggal 12 November sampai 9 desember 2017. Selain itu, kini dengan Tokopedia kita juga bisa membeli Tiket Konser harga termurah dan berbagai Promo Tiket Kereta api yang bisa digunakan ke berbagai kota yang sudah tersedia kereta.

Nah, berbagai perlengkapan diatas memang mayoritas yang digunakan untuk persiapan selama musim hujan. Memang, dalam traveling ga cuman jalan-jalan aja, dibalik itu semua harus mempersiapkan berbagai perlengkapan yang tepat agar bisa jalan-jalan dengan aman dan nyaman. Sudahkah kamu bawa payung untuk traveling ?

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *