December 2, 2017 Dede Ruslan 24Comment

Terletak di barat Jakarta, keberadaan Tangerang sebagai kota satelit memang penting untuk penyangga Ibukota yang sudah semakin padat dengan penduduk. Satu hal yang terkenal dari kota ini mungkin bandara internasional soekarno-hatta, namun lebih dari itu, Kota Tangerang sendiri sangat patut untuk di-explore lebih dalam. Salah satunya adalah taman-taman tematik unik yang dibuat untuk kenyamanan bagi warga kota. Taman ini juga Berfungsi sebagai tempat resapan air dan keanekaragaman hayati dengan berbagai tanaman dan satwa di dalamnya. Dan Inilah 5 taman tematik unik hanya ada di Kota Tangerang :

1. Taman Potret

Sesuai dengan namanya, Taman Potret ini memang membuat orang ingin memotret apa saja yang ada di dalamnya. Beberapa hal yang menarik perhatian, seperti tulisan ”I love Tangerang”, ”patung menari”, dan beberapa tulisan dan patung lainnya yang sepertinya sayang untuk dilewati begitu saja. Ditambah lagi, tersedia taman jajan kuliner yang menyajikan berbagai makanan tradisional dan masa kini yang pastinya enak dan murah.

2. Taman Kelinci

Siapa tak suka kelinci? binatang yang satu ini memang banyak digandrungi terutama anak-anak. Selain karena lucu, juga bentuknya yang imut. Enaknya, kita ga perlu jauh-jauh misal ke puncak untuk melihat kelinci. Cukup pergi ke Tangerang aja. Letak dari taman kelinci ini berada diseberang taman potret dan masih satu kawasan dengan taman cikokol. Keberadaan kelinci disini juga menambah pengetahuan anak-anak akan makhluk berkuping panjang dan menggemaskan ini.

3. Taman Kupu-kupu

Selain kelinci, ada juga taman kupu-kupu yang memang dihadirkan pemerintah Kota Tangerang sebagai sarana edukasi tentang serangga bersayap indah ini. Bentuk tamannya seperti rumah teletubbies yang tinggi dan dibatasi oleh jaring-jaring raksasa. Letaknya berada disebelah taman kelinci dan masih satu kawasan juga dengan taman cikokol. Enaknya disini itu gratis biaya masuknya, jadi kita ga perlu bayar untuk melihat kupu-kupu yang indah berterbangan.

Shooted by Viraelyansyah

4. Taman Bambu

Sebagai tanaman yang banyak ditemukan di benua Asia, Afrika hingga Amerika, keberadaan bambu ini seakan menjadi pohon yang sangat bermanfaat untuk manusia. Mulai dari batangnya yang bisa dijadikan pagar, rakit atau kerajinan tangan, tunasnya sendiri bisa dipakai untuk bahan masakan yang lezat seperti lumpia rebung atau sayur rebung. Didalamnya juga ada museum mini khusus mengenalkan berbagai macam bambu dari berbagai macam kawasan, seperti jepang, china dan Indonesia.

5. Taman Gajah Tunggal

Satu hal yang unik dari taman ini adalah seluruh sarana dan prasarananya menggunakan ban mobil hingga ban truck yang besar dengan diameter melebihi 16 inci. Nama Gajah Tunggal adalah nama perusahaan yang membuat taman tepat di pinggir sungai cisadane. Lokasi kantornya sendiri berada di Jatiuwung, Tangerang. Mulai dari permainan anak seperti ayunan, sampai tempat duduk semuanay terbuat dari ban. Yang menjadi ciri khas yaitu patung Gajah yang besar dan keseluruhannya terbuat dari Ban. Tepat di samping taman, ada juga jembatan merah penghubung menuju kuburan tanah cepe. Jangan lupa datang pas sore agar dapat view jembatan merah yang megah ya.

Selain 5 taman tadi, ada juga taman Pramuka yang berada di Jalan Daan Mogot, dan berbagai taman tematik unik lainnya tersebar di seluruh kota Tangerang. Total, ada 133 taman dan sebagiannya adalah taman tematik yang mempunyai tema berbeda disetiap tamannya. Nantinya, Kota Tangerang terus mengembangkan taman tematik yang selain menjadi resapan air dan sumber paru-paru kota, jugajadi tempat wisata bagi warga Tangerang dan sekitarnya.

24 thoughts on “5 taman tematik unik hanya ada di Tangerang

  1. Sebagai warga Tangerang, melihat perkembangan kota ini dari kecil sampe sekarang terlihat banget dalam beberapa tahun ini. Taman-taman mulai banyak dibangun bikin warga seneng main, di pinggiran kali juga sudah rapih dan Instagrammable banget! Nice post, Mas Dede Ruslan :)!

  2. Ahey, warga tanggerang patut bangga nih.. saya juga pernah lewat saerang tanggerang sana, pemkot tanggerang memang sedang menggiatkan program resapan air, agar tanggerang menjadi kota yg sejuk!

  3. Hoaahh.. Keren Tangerang penuh dengan taman ya skrg.. Jadi byk pilihan dgn taman yg keliatannya asri itu, kapan ya bekasi banyak taman tematik kyk Tangerang ehehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *