New Post

Ingin Hidup Sehat? Dimulai dari Kualitas Air yang dikonsumsi

Fakta mengungkapkan bahwa tubuh manusia pasti membutuhkan air. Jikalau lapar, mungkin tubuh kita masih bisa tahan, tapi jika haus bahkan dehidrasi tak ada satupun yang sanggup. Itu karena tubuh manusia terdiri dari 60 puluh persen air. Itulah mengapa manusia tidak bisa hidup tanpa air.

Berbicara soal air yang dikonsumsi, beberapa hari lalu saya dan teman-teman blogger ikut dalam acara Hydration Talk. Pertama masuk, saya diharuskan untuk mengikuti games menarik. Saya memutar putaran lalu setelah berhenti, kami diharuskan untuk menjawab sebuah pertanyaan. Waktu itu pertanyaannya gampang, berapa liter yang kita butuhkan sehari? sontak saya langsung menjawab 8 gelas sehari atau 2,5 liter.

Selanjutnya, saya diberikan sebuah gambar yang menggambarkan sebuah piring yang terdiri dari nasi sebagai karbohidrat, tahu/tempe sebagai protein, sayuran sebagai kalsium dan buah-buahan sebagai vitamin. Itulah makanan 4 sehat 5 sempurna. Memang, makanan sehat ga harus mahal, yang penting cukup bergizi untuk asupan harian.

Pernah membaca kandungan yang tertera pada botol minuman kemasan? saya sendiri jarang, tapi ternyata itu penting banget untuk mengetahui zat kandungan yang dapat mengakibatkan resiko penyakit tidak menular (PTM) seperti Jantung dan Diabetes Melitus. Salah satu penyebabnya adalah kandungan gula dan kalori berlebih dalam minuman kemasan.

Kalau zaman dulu penyakit yang diderita masyarakat kebanyakan penyakit menular, zaman sekarang sudah berubah. Penyakit tidak menular semakin banyak diderita. Apabila konsumen lebih cermat memilih minuman kemasan yang akan dikonsumsi, maka Penyakit Tidak Menular (PTM) tersebut dapat dicegah.

Untuk itu, sekedar saran, jika ingin meminum air kemasan dalam botol, sebaiknya dibaca dulu gizi dan kandungan yang tercantum dalam tabel. Banyak manfaatnya, selain meminimalisir konsumsi zat berbahaya, kualitas minuman kemasan juga mempengaruhi kualitas kesehatan kita. Harus diimbangi dengan pengetahuan terhadap batasan konsumsinya.

Dan pastinya dimulai dengan minum air mineral. Selain sehat, mengonsumsi air mineral dapat mencegah dehidrasi. Mudah kok, mengecek apakah tubuh kita mengalami dehidrasi atau nggak. Tingkat kejernihan urine bisa menjadi indikator.

Di lndonesia sendiri, tidak semua produk makanan dan minuman kemasan mencantumkan kandungan  dan komposisi bahan-bahannya.

Untuk mencegah Penyakit Tidak Menular adalah dengan membatasi mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan gula. Selain itu, jaga pola hidup dan pola makan pastinya, dengan berolahraga, istirahat yang cukup juga harus diperhatikan.

Danone-Indonesia, selaku perusahaan yang memiliki misi membawa kesehatan bagi masyarakat, telah memulai kampanye hidup sehat dengan mengajak masyarakat memperhatikan label komposisi pada makanan dan  minuman yang akan dikonsumsi.

Sejalan dengan halt tersebut, Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone-AQUA) dr. Tria Rosemiarti mendukung pentingnya menumbuhkan kesadaran dan perhatian masyarakat terkait asupan nutrisi tubuh yang sehat dan seimbang. Edukasi perlu dilakukan agar masyarakat dapat secara cerdas mengetahui alternative makanan dan minuman yang sebaiknya mereka konsumsi.

Nah, kita sebagai masyarakat harus cerdas dalam memilih air untuk dikonsumsi. Meminum minuman tinggi kalori dan gula memang tidak baik jika diminum setiap hari dan setiap saat, untuk itu perlu yang namanya penyeimbang. Dengan makan makanan sehat dan sempurnya, istirahat cukup dan berolahraga minimal 3 kali seminggu. Ingat, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Yuk jaga kesehatan kita sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.