New Post

Kebahagiaan itu terletak pada diri sendiri

October 2, 2020

Siapa sih yang ga pengen bahagia? pasti semua ingin bahagia dan ga mau hidup sengsara tentunya. Yup, aku pun sama seperti yang lain, ingin bahagia selamanya. Tapi apa sih sebenarnya bahagia itu?

Dikutip dari wikipedia, arti kebahagiaan itu adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens.

Lalu bagaimana kita mendapatkan bahagia? bisa dari diri sendiri atau orang lain. Dulu, kebahagiaan aku seringkali datangnya dari orang lain. Bahkan kebahagiaan itu sangat bergantung dari orang lain. Ya akhirnya aku sadar juga bahwa, bahagia itu bisa terletak dari diri sendiri kok. Apa aja sih?

1. Merasa cukup dan bersyukur
Aku sendiri mengakui pernah menjadi orang yang sangat ambisius sekali. Ingin menguasai segalanya, dan tidak pernah puas. Lambat laun akhirnya aku sadar, merasa cukup dan bersyukur adalah suatu kebahagiaan yang abadi.

2. Banyak membantu dan memberi
Disaat aku merasa sangat kecewa dan sedih akan sesuatu, ada kawanku yang memberi saran, sering-seringlah membantu dan memberi kepada orang lain dan kamu akan bahagia. Aku coba untuk membantu temanku yang kesulitan saat pindah kosan dan setelahnya aku merasa hati aku tenang dan bahagia, entah mengapa.

3. Rajin beribadah dan Mendekatkan diri kepada sang maha pencipta
Percaya atau enggak, ada kebahagiaan tersendiri ketika aku fokus untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada sang maha pencipta Allah SWT. Kebahagiaan itu berupa ketenangan batin dan rohaniah. Ditambah siraman rohani yang membuat jiwa ini menjadi sejuk setiap harinya.

4. Menghabiskan waktu untuk diri sendiri
Bagi seorang intovert, menghabiskan waktu untuk diri sendiri adalah suatu kebahagiaan. Membaca buku, berkebun, atau bersantai-santai di rumah adalah suatu kebahagiaan menurutku.

5. Lebih banyak meminta maaf dan memaafkan
Kita hidup di dunia ini pasti tidak lepas dari yang namanya konflik antar manusia. Ada saja yang membuat kita sakit hati, kecewa atau perasaan ga enak lainnya. Tapi, percayalah, memaafkan ataupun meminta maaf lebih dahulu adalah suatu kebahagiaan. Dendam, dengki yang kita simpan akan menjadi toxic dari dalam diri dan lebih baik dilepaskan dengan cara meminta maaf atau memaafkan.

Nah itulah beberapa kebahagiaan dalam diri aku sendiri. Memang, kebahagiaan itu bisa terletak dari dalam diri, tanpa harus bergantung dari orang lain.

Only registered users can comment.

  1. Pas baca kata siraman rohani, kenapa otak gw berpikir kalo kohmin akan mention itu. Ternyata betul pas skroll kebawa nemu kata siraman rohani lagi.

    Point 5 sempurna. Karena 1 sampai empat sudah sehat. Apaan sih ga jelas ya. Maapkeun. ✌️

  2. No empat aku sulit untuk relateeee hahahaha mungkin karena aku anak ekstrovet kali yak tapi emang bener saat kita merasa cukup akan ada rasa bahagia tersendiri, karena masa aja kita udah bersyukur kan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.