Serunya Belajar Teknologi Distribusi bersama PT. Pratesis

Serunya Belajar Teknologi Distribusi bersama PT. Pratesis

Sebagai seorang blogger dengan latar belakang IT, rasanya saya tertantang untuk belajar tentang distribusi. Kebetulan memang saya dan teman-teman blogger hadir dalam sesi sharing session tentang distribution technology bersama PT. Pratesis. PT. Pratesis sendiri merupakan sebuah perusahaan IT yang fokus pada bidang distibusi perusahaan. Didirikan pada tahun 1987. Pratesis berada dalam Gunung Sewu Group, yang di dalamnya terdapat beberapa perusahaan yang sudah tidak asing ditelinga kita. Sebut saja sunpride, Belfoods, Re-juve, Yupi atau Asuransi Sequislife.

Berbagai perusahaan besar ataupun menengah sudah mempercayakan Pratesis sebagai partner dan penyedia jasa teknologi distribusi perusahaan mereka. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Pratesis sudah sangat berpengalaman dalam bidangnya.

Berbicara soal Distribution Technology, ada dua technology terkini yang banyak digunakan oleh perbagai perusahaan yaitu aplikasi Scylla dan aplikasi Pronto Xi. Dua produk tersebut menjadi andalan Pratesis dalam memberikan jasa teknologi distibusi yang paling handal digunakan saat ini.

Mengenal aplikasi Scylla sebagai salah satu distribution technology. Ada tiga solusi bisnis untuk para distributor yaitu: Scylla Enterprise, Scylla Pro, dan Scylla Mobile.

Scylla software adalah sebuah aplikasi yang siap menangani segala urusan manajemen sistem informasi Perusahaan Distribusi, dalam bidang operasi dan administrasi. Aplikasi ini akan meringankan beban kerja administratif, membantu perusahaan mengendalikan harga, diskon, pasokan, dan piutang, serta menghemat biaya operasional. (sumber)

Dalam hal ERP (Enterprise Resource Planning) yang merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dalam hal ini, ERP yang digunakan adalah ERP jenis Pronto Xi. Sebuah software yang berasal dari Australia. Didirikan pada tahun 1976.

Aplikasi Pronto Xi dilengkapi dengan aplikasi bisnis yang luas dan fungsionalitas substansial yang dihasilkan melalui proses pengembangan yang panjang. Pronto Xi ini merupakan sebuah modular yang dapat digunakan untuk solusi bisnis terpadu. Modul ini dapat diintregasikan dalam berbagai bisnis, tidak terkecuali apapun industrinya.

Selain kedua software tadi, PT. Pratesis juga menyediakan solusi bagi DMS Service Desk. Sebuah Service desk yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari Sumatera hingga papua dengan 34 Provinsi. Didukung dengan 742 bahasa daerah. Sehingga permasalahan perihal teknologi distibusi yang sudah diimplementasikan akan semakin mudah, karena terdapat bahasa lokal di dalamnya.

Terdapat beberapa layer dalam DMS Service desk ini. Yang pertama adalah L1 yang biasanya menangani problem seputar kendala yang biasa dialami oleh para user. Selain itu ada layer khusus menangani permasalahan yang lebih komplex yang tidak dapat ditangani oleh Layer 1.

Penanganan secara profesional ini menjadikan PT. Pratesis sangat berpengalaman dalam bidangnya. Dengan tagline National Coverage with Local Culture membuat penanganan seputar service desk menjadi lebih cepat dan tepat dan juga mendukung pekerja lokal.

Teknologi Distibusi ini memang tidak bisa dianggap remeh, karena pendistribusian memang terkenal kompleks, tak jarang memang butuh penanganan yang lebih lama. Tapi dengan kehandalan dan pengalamannya, PT. Pratesis dapat menangani dan melakukan solusi bagi jasa teknologi distibusi ini walau dalam jangka waktu yang sangat dibatasi. Khususnya bagi perusahaan distribusi besar di Indonesia.

Diharapkan dengan hadirnya dua teknologi tadi, dapat menjadi solusi guna menangani permasalahan yang biasa dilakukan oleh industri. Tak cuma perusahaan besar, tapi perusahaan bersekala kecil pun membutuhkannya guna memperlancar bisnisnya ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.